Me and my days

Cerita Emphy

Saya suka menulis

Hellooo... Welcome to Rhevy Sylvia's Blog... Don't Forget to follow and leave comment yahhhh :D

Selasa, 20 April 2010

MENIKAH

Suatu sore aku berjalan dengan temanku Hardi. Kami membicarakan tentang kabar secara sudah lama ga bertemu, berita yang terhangat, sampai sebuah status, yaitu JOMBLO. Entah bagaimana pikiran kami saat itu tentang definisi masing-masing kami. Sampai akhirnya pemikiran kami berdua adalah jodoh itu akan datang pada waktu yang tepat dengan pasangan yang sesuai menurut ketentuan Allah SWT.
Jomblo itu sebenarnya sangat mengiris hati apabila kita mendefinisikan arti jomblo itu ke arah yang negatif.

Contohnya seperti di malam minggu awal bulan April 2010 ini. Aku duduk sendiri di salah satu tempat makan kaki lima di Banda Aceh. Dengan reflek tatapan ku alih kan ke sekeliling. Sedih nya hati ku saat itu, melihat di kanan, kiri, depan dan belakang ku mereka semua berpasang-pasangan makan malam bersama orang yang dicintainya. Sedang kan aku sendiri menikmati ayam penyet itu. Sedih sekali....
Namun aku juga ga mau menikmati hidangan lezat itu dengan hati perih dan menangisinya. Aku cepat-cepat menyelesaikan santapan tiu lalu pergi meninggalkan mereka diantara hiruk-pikuk nya malam minggu dikota ini.

-----------------------------------------------------

Selesai flash back contoh yang aku alami, kembali ke pokok awal. Aku dan Hardi temen ku mempunyai sebuah ide untuk membuat akun Facebook dengan group nya orang-orang jomblo, dan hanya boleh meng update status tentang kejombloan nya, hehehee....
Untuk mengkibarkan bendera jomlo ers, namun belum terlaksana. Ayoo.. hardi, kapan kita melaksanakan ide kreatif kita itu??

Hardi sempat menanyakan tentang makna menikah denganku. "menurut kamu menikah itu apa, dan kenapa seseorang itu memilih menikah usia dini dan ada juga seseorang itu tidak memilih untuk menikah cepat?". Lalu aku menjawabnya menurut definisi ku sendiri.
"Bagiku menikah itu ga gampang seperti yang kita lihat. karna menikah itu kan menyatukan dua individu yang berbeda, menyatukan dua pikiran yang ga sama. Menikah itu ada dua pilihan. Kalau ga bahagia ya sengsara. Nah, pasti ga ada orang yang mau sengsara kan?. Dan aku berharap nikah itu hanya sekali seumur hidup. Memang selama ini banyak orang-orang di sekeliling kita yang menanyakan, "kapan nikah?" giliran udah nikah di tanyain "kapan punya anak?" dan lain sebagainya.
Mereka dengan gampang nya menanyakan hal itu tanpa pikir perasaan orang yang dituju. Giliran ntar hubungannya sengsara, orang-orang itu diam tutup mulut dan tak ada yang mau bertanggung jawab. Memang benar semua Tuhan yang mentakdirkan garis hidup kita, tapi kan kita bisa berusaha lebih baik agar tidak terjadi seperti itu."

Bukan kah didalam Alquran QS 13:11menjelaskan bahwa : "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka"
Diterjemahan ayat itu jelas, kita tidak bisa menerima nasib kita begitu saja tanpa mengubah nya yang lebih baik. Dan Allah juga tidak suka dengan orang yang tidak mau berusaha.


Mmmm... entahlah, kapan jodoh itu akan tiba..... Kapan aku bisa melaksanakan salah satu ibadah ini? Nabi Muhammad SAW juga mengatakan pada sahabatnya, Jika kita belum mampu untuk menikah, maka puasalah. agar kita terhindar dari perbuatan keji dan munkar".
Yang pasti, aku akan menjalani hidup ini dengan indah dan berusaha menemukan pasangan jiwaku pada waktu nya kelak. Karena aku yakin ia pasti juga saat ini mencariku, mencari tulang rusuk nya yang hilang. Dan untuk menemukan itu dia dan aku saling mencari sampai akhirnya kami bertemu. Nabi Adam AS juga mengelilingi ka'bah untuk menemukan tulang rusuknya itu, yaitu Siti Hawa.
Ya Allah, berikan lah aku pasangan jiwa yang bisa menuntunku dijalan yang benar dan mendampingi aku sampai maut yang memisahkan, amin.

Sepulangnya kami di hari itu, tiba-tiba saja salah satu Radio Swasta memutarkan lagu dari Oppie Andaresta, I'm single i'm very happy. Kami tertawa, seolah-olah mewakili topik pembicaraan kami.
Menghayati lagu ini ada satu semangat baru untuk para jomlo agar tetap semangat menjalani hidup dan tidak menomor dua kan perasaan kita sendiri demi menomor satukan perkataan orang lain.
Dibawah ini adalah lirik lagu nya. Hayati, pahami dan semangat!! Hidup Jomblo!!!


I'M SINGLE I'M VERY HAPPY


Mereka bilang aku pemilih dan kesepian
Terlalu keras menjalani hidup
Beribu nasehat dan petuah yang diberikan
Berharap hidupku bahagia

Aku baik-baik saja
Menikmati hidup yang aku punya
Hidupku sangat sempurna
I’m single i'm very happy
Mengejar mimpi-mimpi indah
Bebas lakukan yang aku suka
Berteman dengan siapa saja
I’m single i'm very happy

Mereka bilang sudah saatnya karna usia
Untuk mencari sang kekasih hati
Tapi ku yakin akan datang pasangan jiwaku
Pada waktu dan cara yang indah

Aku baik-baik saja
Menikmati hidup yang aku punya
Hidupku sangat sempurna
I’m single i'm very happy
Mengejar mimpi-mimpi indah
Bebas lakukan yang aku suka
Berteman dengan siapa saja
I’m single i'm very happy
I’m single i'm very happy
I’m single i'm very happy

Waktu terus berjalan tak bisa ku hentikan
Ku inginkan yang terbaik untuk hidupku

Aku baik-baik saja
Menikmati hidup yang aku punya
Hidupku sangat sempurna
I’m single i'm very happy
Mengejar mimpi-mimpi indah
Bebas lakukan yang aku suka
Berteman dengan siapa saja
I’m single i'm very happy


**************************
*******************

Di alunan Rindu yang menyayat,

Banda Aceh, 18 April 2010, Pkl: 21.30 WIB

Rhevy Sylvia


PS: Tulisan ini semoga bisa menjadi bacaan dan teman yang cukup menarik juga berguna tatkala mencermati perkembangan dunia. Kehadiran tulisan ini semoga bisa menjadi teman bagi mereka (aku, kamu dan kita) yang belum menemukan jodohnya. Pun menjadi pengingat bagi mereka yang sudah menikah untuk bisa menjalani perannya dengan baik sebagai seorang suami atau istri dalam menemukan kesejahteraan hidup berumah tangga dan berkeluarga.

Thanks berat untuk temanku Hardi. yang telah memberikan ide serta inspirasi yang tertuang didalam tulisan ini. sehingga tulisan ini mengalir apa adanya didalam memori otakku, dan ku kerjakan tak sampai dengan waktu 1 jam. Tangan-tangan ku menari di atas keyboard dengan indahnya. terima kasih juga atas waktu nya, semoga bermanfaat amin.

Tidak ada komentar: